Saturday, July 27, 2013

Kaifiyat ringkas "Zikir Ismu dzat Allah-Allah"



KAYFIAT BERDZIKIR LAFZHUL JALALAH
ISMU DZAT  ( ALLAH-ALLAH)
           
            Bilamana seorang murid hendak mengamalkan dzikir Ismu Dzat (Allah - Allah), maka dia harus mempunyai wudhu dan duduk menghadap kiblat seperti duduknya orang bertahiyat akhir di waktu sholat,dengan menyatukan pikiran kepada Allah SWT. Kemudian mulai dengan membaca Istighfar, memohon ampun kepada Allah SWT dengan hati yang hudlur, merasa malu dan hina diri atas segala dosa yang diperbuatnya terhadap Allah dengan mengucapkan :
 اَلْفَاتِحَةْ : بِالْقَبُوْلْ وَتَمَامِ كُلِّ سُؤْلٍ وَمَأْمُوْل  وَاِلَى حَضْرَةِ الرَّسُوْل صَلَّى الله عَلَيْهِ  وَاِلِه وَسَلَّم
اَللّٰهُمَّ يَا مُفَتِحَ اْلَابْوَابْ وَيَا مُسَبِّبَ اْلاَسْبَابْ وَيَا مُقَلِّبَ اْلقُلُوْبِ وَاْلاَ بْصَار وَيَادَلِيْلَ اْلمُتَخَيِّرِيْن وَيَاغِيَاثَ اْلمُسْتَغِيْثِيْنَ اَغِثْنَا تَوَكّلْنَا عَلَيْكَ.
يَا رَبِّ وَفَوَّضْنَا اَمْرَاَنا إِلَيْكَ يَا فَتَّاحُ يَا وَهَّابُ يَا بَاسِطُ وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّد وَعَلَى اِلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ وَلْحَمْدُ لله الرَبِّ اْلعَالمِيْنَ.
اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ الْذِ ي لَااِلَهَ إِلاْهُوَالْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَ أَتُوْبُ اِلَيْهِ
Sebanyak dua puluh lima kali (25X)
Disini murid akan mendapatkan tanda apakah permohonan ampunannya diterima Allah atau tidak. Adapun tanda bahwa petmohonannya diterima ialah hati merasa hina dan pecah, bahkan kadang-kadang sampai menangis.
Setelah membaca istighfar dua puluh lima kali atau lebih, maka kemudian menghadirkan Rasulullah SAW yang seakan-akan beliau duduk dihadapannya. Menghadirkan Rasulullah dengan mohon pertolongan dan niat menghadap nur yang telah dituangkan Allah ke Qalbi Rasulullah SAW. Setelah Rasulullah terasa hadir maka murid langsung membaca :
 ( x)  اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ

 اللّٰهُمَّ صلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ مِفْتَاحِ بَابِ رَحْمَةِ اللهِ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ اللهِ صَلَاةً وَسَلَاماً دَاىِٔمَيْنِ بِدَوَامِ مُلْكِ الله          (١٠x)
الفاتحة . . .                     x)
 قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدْ                 x)                         
 قلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ اْلفَلَقْ           x)
 قلْ  أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ         ( ١x)
  ايُة  اَلْكُرْسِى                    x)
Terus  mengangkat tangan dan berdoa seperti ini :
اَوْصِلِ اللّٰهُمَّ ثَوَابَ مَا قَرَأْتُهُ إِلَى رُوْحِ سَيِّدِ اْلمُرْسَلِيْنَ وَشَفِيْعِ اْلمُذْنِبِيْنَ سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ وَإِلَى اَرْوَاحِ  اَلِهِ وَ اَصْحِابِهِ وِاَزْوَجِهِ وَذُرِّيَاتِهِ وَأَهْلِ بَيْتِهِ الطَّاهِرِيْنَ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِ التّٰابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْن
ثُمَّ اِلَى اَرْوَاِح اَبَاىِٔهِ وَإِخْوَانِهِ مِنَ اْلَا نْبِيَاءِ وَاْلمُرْسَلِيْنَ وَاْلمَلَا ىِٔكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ ثُمَّ اِلَى اَرْوَاحِ اَوْلِيَاءِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ خُصُوْصاً اِلَى سَادَاتِنَا اْلعَلَوِيِّيْنَ وَالنَّقْشَبَنْدِيِّيْنَ اَلْمُحْسِنِيِّيْنْ رِضْوَانُ الله تعالى عَلَيْهِمْ اَجْمَعِيْنَ فَأَسْأَلُكَ اَللّٰهُمَّ اَتَوَّسَلُ إِلَيْكَ بِأَسْرَارِكَ
اْلمَوْدُوْعَاتِ فِى الطّرِيْقَتَيْنِ الشَّرِيْفَيْنَ وَبِجَاهِ السَّادَاتِ اْلعَلَوِيِّيْنَ النَّقْشَبَنْدِيِّيْنَ اَلْمُسَلْسِلِيْنَ بِالسَّيِّدِ اْلفَقِيْرْ حَيْدَرَةْ بِنْ اَلسَّيِّدْ مُحْسِنْ اَلْهِنْدُوَانْ  عَفَى اللهُ عَنْهُمَا وَاُصُوْلِهُمُاَ وَفُرُوْعِهُمَا وَاِحَّبَاىِٔهُمَا وَاْلمُسْلِمِيْنْ.


Seusai di baca, maka kedua mata di pejamkan miring kesebelah kiri ,ujung hidung di luruskan dengan kedua sisi, Bibir dan gigi di rapatkan, pikiran di tenangkan, di satukan dihadapan ke Lathifah Al-Qalbi. Inilah yang di sebut Al Wukuf Al-Qalbi
Setelah benar-benar tenang  dan pikiran telah menyatu ke Latifhah Al-Qalbi, maka murid lalu menghadirkan wajah Guru Mursyid yang memeberi bai’at dan talqin dzikir  tadi dengan niat menadah nurul ma’rifah dari  Qalbi Rasulullah SAW yang mengalir melalui lathifah para Guru Mursyid sampai pada lathifah si murid.

Menghadirkan wajah Guru ini disebut Rabithah, sedang menadah nur disebut Istimdat. Setelah melakukan Rabithah dan Istimdat maka, murid terus bermunajat mengadu kepada Allah di dalam hati seperti ini :

 اِلٰهِي اَنْزِلِ اْلفَيْضَ عَلَى لَطِيْفَةِ قَلْبِى كَمَا اَنْزَلْنَهُ عَلَى لَطِيْفَةِ قَلْبِ سَيِّدِنَا اَدَمْ عَلَيْهِ السَّلَامْ مِنْ نُوْرِ لَطِيْفَةِ قَلْبِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدْ صَلّٰى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ بِوَاسِطَةِ سَادَاتِنَا اْلعِظَامْ وَمَشَاىِٔخِنَا اْلكِرَامْ رِضْوَانُ اللهِ تَعَالَى عَلَيْهِمْ اَجْمَعِيْنَ
إِلَهِى اَنْتَ مَقْصُوْدِي وَرِضَاكَ مَطْلُوْبِي اَعْطِنِي مَحَبَّتَكَ وَمَعْرِفَتَكْ

Artinya : “Ya Tuhanku, Engkaulah yang aku maksud dan keridhoan-Mu yang aku tuntut, berikanlah kepadaku kecintaan akan Engkau dan pengenalan akan Engkau.”
Selanjutnya mulai melakukan dzikir Allah Allah Allah dengan lisan hati di sertai fikiran yang bersih, sengaja dan memukulkan dzikir itu pada lathifah Al-Qalbi hingga terasa panasnya dzikir dalam lathifah tersebut. Maka bila tidak ada rasa panas dalam lathifah adalah  pertanda bahwa dzikir itu tidak masuk. Jadi seharusnya murid menguatkan pukulan kedalam lathifah.

Setelah hitungan dzikir mencapai seratus atau dua ratus, maka murid diharuskan membaca munajat seperti munajat tersebut diatas satu kali, kemudian diteruskan dzikir sampai mencapai hitungan yang dikehendaki. Dalam melakukan dzikir ini tetap diharuskan mencukupi syarat-syarat yang delapan macam sebagaimana telah diterangkan di muka.

di ambil dari buku " harumnya jalan menuju Allah" karya Al-Habib Muhsin Al-Hinduan. dan Khulasah "Mamadun Nabawy" karya Al-Habib Haidarah Muhsin Al-Hinduan
 

No comments:

Post a Comment