Sunday, July 21, 2013

Tanya Jawab Masalah "Jadzbah"





APAKAH ARTI  “ JADZBAH’’
Saya sering melihat banyak orang Ahli thareqat Naqsyabandiyah yang suka menangis , menjerit bahkan ada yang terbanting-banting , yang menurut ahli thareqat di sebut “Jadzbah”. Apakah arti Jadzbah?
Dan apa sebab waktu berzikir, waktu di tawajjuh gurunya dan terkadang waktu mendengarkan pembacaan Al-Qur’an,amat banyak ahli thareqat yang jadzbah ?
Jadzbah artinya adalah tarikan . yakni suatu tarikan yang menarik pada hati orang yang ingat kepada Allah SWT.                                       adapun sebabnya adalah antara lain ialahturunya Al-Waridatul Ilahiyah yang kemudian menarik pada hati orang itu  di ingatkan kepada Allah. Atau dengan arti lain , Jadzbah ini dapat di katakan khuyuk hatinya kepada Allah.
Syekh Abdullah Ad-Dahlawiy berkata :
ظُهُوْرُ اْلإِضْطِرَابِ وَالإِهَّةِ والصَّيْحَةِ سُنَّةُ أَكَابِرِ  الصَّحَابَةِ
Artinya : “adanya gerakan yang dahsyat (Barbanting) seru dan jeritan baik pada waktu berzikir atau mendengar bacaan Al-Qur’an adalah kebiasaan para Sahabat besar.”
Dalam Al-Qur’an Allah Berfirman :
إِنَّمَا اْلمُؤْمِنَوْنَ الَّذِيْنَ إِذَا ذُكِرَ اللهُ وَجِلَتْ قُلُوْبُهُمْ
Artinya  : “ Sesungguhnya orang-orang Mukmin yang haq ialah orang yang apabila di sebut nama Allah , lalu gemetarlah hatinya.”
Al-Imam Hujjatul Islam Al Ghazali Rahimahullahi Ta’ala telah menerangkan panjang lebar mengenai hal ini dalam kitabnya Ihya’ Ulumiddin  Juz 2 (dua) . Sebaiknya bila orang ingin mengetahui dengan jelas keterangan tersebut , dapatlah ia melihat kitab tersebut.
Berkata Syekh Abdul Ghani An-Nablusiy ra ; “ Jadzbah ini termasuk satu-satunya hal yanbg baik, sekalipun banyak di antara Fuqaha’ di zaman sekarang ini yang dangkal yang dangkal pemikirannya yang menentangnya , yang sebenarnya penentangantersebut hanyalah berdasarkan karena mereka tidak pernah mengalami sendiri sebab hatinya yang masih keras. Padahal Rasulullah SAW bersabda dalam sebagian doanya :     أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُبِكَ مِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ
Artinya : “ Ya Allah. Hamba berlindung  pada-Mu daripada memiliki hati yang tidak khusyuk.”

No comments:

Post a Comment